chigo....ovaria ,,,,,,sujarwadi

Foto saya
cilegon, banten, Indonesia
mahasiswa IPB departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan

contoh tugas situs data oseanografi

I. Data Angin ECMWF (European Centre for Medium-Range Weather Forecasts)

A. Alamat Situs : http://www.ecmwf.int/

URL datanya : http://data-portal.ecmwf.int/data/d/interim_daily/

B. Nama organisasi/jenis basis data

European Centre for Medium-Range Weather Forecasts (ECMWF) merupakan organisasi internasional yang didukung oleh 31 negara anggota seperti Belgium, Denmark, Germany, Greece, Spain, France, Ireland, Italy, Luxembourg, the Netherlands, Norway, Austria, Portugal, Switzerland, Finland, Sweden, Turkey, United Kingdom. Serta perjanjian kerjasama dengan negara Czech Republic, Montenegro, Estonia, Croatia, Iceland, Latvia, Lithuania, Hungary, Morocco, Romania, Serbia, Slovenia and Slovakia serta beberapa organisasi meteorology dunia seperti.

1. World Meteorological Organisation (WMO)

2. European Organisation for the Exploitation of Meteorological Satellites (EUMETSAT)

3. African Centre of Meteorological Applications for Development (ACMAD)

4. Joint Research Centre (JRC)

5. Preparatory Commission for the Comprehensive Nuclear Test-Ban Treaty Organisation (CTBTO)

6. Executive Body of the Convention on Long-Range Transboundary Air Pollution (CLRTAP)

7. European Space Agency (ESA)

Organisasi ini menyediakan peramalan jangka menengah-panjang untuk data-data atmosfer/cuaca serta super-fasilitas komputasi untuk penelitian ilmiah dan bekerjasama secara keilmuan maupun teknis dengan agen satelit dan komisi Eropa. ECMWF juga merupakan hasil pengembangan meteorologi secara dinamis dan sinoptik lebih dari 100 tahun dan lebih dari 50 tahun pengembangan prediksi cuaca secara numerik (Numerical Weather Prediction). Sistem peramalan ECMWF terdiri dari model sirkulasi umum, model gelombang laut, sistem asimilasi data dan sejak 1992 sebuah sistem peramalan ensemble. Pada tahun 1998 sistem peramalan musiman mulai beroperasi dan pada tahun 2002 diperkenalkan sistem peramalan bulanan.

C. Parameter data

Untuk set data dari ERA Project pada area ERA Interim dan untuk parameter surface :

1. Angin pada ketinggian 10 m komponen u dan v dalam satuan m/det

2. Suhu permukaan laut dalam satuan (oK)

3. Gelombang; Tinggi gelombang signifikan (m), periode (det), arah rata-rata (derajat)

4. Data-data lainnya mengenai atmosfer.

D. Format data

Data berformat grib dan netcdf (Network Common Data Form) dimana format netcdf (nc) dapat dibaca dan diolah dengan menggunakan ODV, MATLAB maupun perangkat lunak pembaca nc lainnya seperti GrADS dsb.

E. Resolusi Spasial

Menggunakan sistem grid berukuran 1,5° x 1,5° atau sekitar 166,8 km x 166,8 km

F. Resolusi Temporal

1. Harian : Pukul 00:00:00, 06:00:00, 12:00:00, 18:00:00

2. Rata-rata bulanan yang bersifat sinoptik

3. Rata-rata bulanan berdasarkan rata-rata harian.

G. Cakupan area

Seluruh dunia

H. Metode

Reanalisis, model dan asimilasi (numerical weather prediction) data satelit serta data insitu. Contohnya ocean wave forecast model yang dibangun dari gabungan model atmosfer dan model gelombang yang digerakkan oleh angin pada lapisan atmosfer rendah.

I. Validasi data/quality control

Data-data hasil model dan reanalisis didukung oleh data observasi lapang seperti:

1. Observasi lautan

The subtypes available are surface BUOY, surface BATHY, surface TESAC and SYNOP ship. Oceanographic (sub-surface) data are available from DRIBU/BUOY, BATHY and TESAC.

2. Observasi dari pesawat udara

The subtypes available are AMDAR, AIREP and ACAR.

3. Upper air soundings

The subtypes available are PILOT (Land), PILOT (Ship), TEMP (Land), TEMP (Ship), TEMP (mobile), TEMP (Drop), ROCOB (Land) and ROCOB (Ship).

4. Data Satelit

Data from observational satellites that are agreed with satellite operators are available. The subtypes available are SATEM and SATOBS.

J. Informasi penting lainnya

Dapat melihat atau menjabarkan lebih rinci dari manual The ERA-Interim archive yang dapat didownload di http://www.ecmwf.int/publications/library/do/references/show?id=89203


K. Tutorial cara mendapatkan data

1. Masuk ke http://data-portal.ecmwf.int/data/d/interim_daily/ dan akan diperoleh tampilan seperti dibawah ini. Pada tampilan tersebut terdapat beberapa pilihan data berupa parameter (angin, gelombang, dsb), kisaran waktu (Jan 89 – Feb 09), dan interval waktu (6 jam-an, harian, dan bulanan).

2. Setelah memilih beberapa hal yang seperti dikemukakan diatas maka klik Retrive NetCDF sehingga akan diperoleh tampilan seperti dibawah ini yang terdapat informasi mengenai pilihan dan jenis data yang kita pilih.

3. Selanjutnya kita dapat memilih cakupan area data kita dengan klik pada gambar dibawah tulisan Area, sehingga akan muncul pilihan penentuan area.

4. Untuk menentukan domain area sesuai cakupan yang kita inginkan kita klik pada gambar Custom, sehingga akan muncul pemilihan area batas secara geografis (Lat, lon dalam derajat decimal). Beri nama area tersebut misal : Indonesiaku Tercinta dan klik Submit untuk membuat cakupan area tersebut. Selanjutnya akan muncul cakupan area data yang telah kita buat dengan nama Indonesiaku Tercinta dan kita klik pada bagian gambar tersebut untuk mengakses data sesuai cakupan areanya.

5. Klik Now maka akan diperoleh pilihan mendownload data yang berformat nc atau grib, untuk keperluan pengolahan data selanjutnya dengan Ocean Data View (ODV) maka kita pilih data yang berformat nc. Klik kanan pada nc dan save datanya.

6. Data berformat nc tersebut setelah dibuka dengan ODV akan memiliki tampilan seperti dibawah ini, dimana jarak antar titik-titik stasiun (titik merah) adalah 1.5° x 1.5°. Serlanjutnya kita tinggal memilih stasiun mana di perairan sekitar selatan Jawa yang ingin kita olah datanya.

2 komentar:

  1. mas, punya ms.excel ttg rumus mengolah data angin (u dan v) ?
    jika ada mohon kirim k email sy
    warmanboy@ymail.com
    makasih...

    BalasHapus